Sabtu, 02 November 2013

rubruk penilaian menulis


No
Aspek Penilaian
Kriteria
Rentangan
Skor
Kategori
A.
Aspek Penulisan



1.






















2.




















3.










4.















5.











6.


















7.
Isi gagasan yang dikemukakan
a.  Sangat sesuai dengan struktur dan kerangka teks deskriptif.
b.  sesuai dengan struktur dan kerangka teks deskriptif
c.  cukup sesuai dengan struktur dan kerangka teks deskriptif
d. kurang sesuai dengan struktur dan kerangka teks deskriptif
e.  tidak sesuai dengan struktur dan kerangka teks deskriptif

Organisasi isi
a.       Sangat baik.




b.      Baik







c.       Kurang



d.      Sangat kurang

Tata bahasa
a.       Sangat tepat.

b.      Tepat

c.       cukup tepat

d.      kurang tepat

e.       tidak tepat

Pemilihan kata
f.       sangat sesuai dengan situasi

g.      sesuai dengan situasi

h.      cukup sesuai


i.        kurang sesuai


j.        tidak sesuai


Ejaan dan Tanda Baca
a.       sangat sempurna
b.      sempurna
c.       sedikit kesalahan
d.      banyak kesalahan
e.       salah semua


Kohesi dan Koherensi
a.       sangat jelas



b.      jelas



c.       cukup jelas


d.      kurang jelas


e.       tidak jelas
.

Kerapian Tulisan
a.       jelas, terbaca, dan bersih.

b.      terbaca, cukup bersih

c.       terbaca,kurang bersih

d.      terbaca, tidak bersih

e.       tidak terbaca, tidak bersih




Bagian identifikasi terdiri dari 1/> kalimat dan deskripsi terdiri dari 4/> kalimat.
Bagian identifikasi terdiri dari 1 kalimat dan diskripsi terdiri dari 3 kalimat.
Bagian identifikasi terdiri dari 1 kalimat dan deskripsi terdiri dari 2 kalimat.
Bagian identifikasi terdiri dari 1 kalimat dan deskripsi terdiri dari 1 kalimat.
Bagian identifikasi dan deskripsi tidak jelas


gagasan diungkapkan dengan jelas, padat, tertata dengan baik,  urutan logis, dan kohesif
gagasan kurang terorganisasi, tetapi ide utama terlihat, bahan pendukung terbatas, tertata dengan baik, urutan logis tatapi tak lengkap, cukup kohesif.
gagasan kacau, terpotong-potong, urutan pengembangan tak logis.
tak terorganissasi,  tak layak nilai.


Tidak ada kesalahan

Jumlah kesalahan 1-3

Jumlah kesalahan 4-6

Jumlah kesalahan 6-10

Semua penggunaan grammar tidak tepat

Semua pilihan kata sangat sesuai dengan situasi yang diceritakan
Semua pilihan kata sudah
sesuai dengan situasi yang  diceritakan
1-2 pilihan kata tidak sesuai dengan situasi yang diceritakan
3-4 pilihan kata tidak sesuai dengan situasi yang diceritakan
5/lebih pilihan kata tidak
sesuai dengan situasi yang diceritakan


Tidak ada kesalahan

Jumlah kesalahan 1-4
Jumlah kesalahan 5-8

Jumlah kesalahan 9-12

Semua penggunaan ejaan dan tanda baca tidak tepat


Keterpaduan isi antar paragraf dan antar kalimat sangat jelas

Keterpaduan isi antar paragraf dan antar kalimat sudah jelas

1 yang tidak berkaitan antara isi dan kalimat

2-3 yang tidak berkaitan
antara isi dan kalimat

4/lebih yang tidak berkaitan antara isi dan kalimat

Tulisan jelas dan tidak ada coretan

Tulisan terbaca dan ada
coretan antara 1 sampai 4

Tulisan terbaca dan ada
coretan antara 5 sampai 9

Tulisan sulit dibaca dan ada coretan lebih dari 9

Tulisan tidak dapat dibaca dan terdapat banyak coretan


30



20



15



10



5





20




15







10



5



10

8

6

4

2


5


4


3


2


1




5

4
3

2

1




5



4



3


2


1



5


4


3


2


1



SB




B


CB



KB



SK





SB




B







CB



SK



SB

B

CB

KB

SK


SB


B


CB


KB


SK




SB

B
CB

KB

SK




SB



B



CB


KB


SK



SB


B


CB


KB


SK


8.




















9.
























10.
























11
Kaidah Paragraf Deskripsi
Detail atau perincian tentang objek.


















Memberi pengaruh sensitivitas dan imajinasi kepada pembaca





















Memaparkan tentang sesuatu yang dapat didengar, dilihat dan dirasakan





















Menggunakan susunan ruang




Terdapat 5 atau lebih memperlihatkan detail atau perincian tentang objek
Terdapat hanya 4 memperlihatkan detail atau perincian tentang objek
Terdapat hanya 3 memperlihatkan detail atau perincian tentang objek
Terdapat hanya 2 memperlihatkan detail atau perincian tentang objek
Terdapat hanya 1 memperlihatkan detail atau perincian tentang objek

Terdapat 5 atau lebih memberi pengaruh sensitivitas dan imajinasi kepada pembaca

Terdapat hanya 4 memberi pengaruh sensitivitas dan imajinasi kepada pembaca

Terdapat hanya 3 memberi pengaruh sensitivitas dan imajinasi kepada pembaca

Terdapat hanya 2 memberi pengaruh sensitivitas dan imajinasi kepada pembaca

Terdapat hanya 1 memberi pengaruh sensitivitas dan imajinasi kepada pembaca

Terdapat 5 atau lebih memaparkan tentang sesuatu yang dapat didengar, dilihat dan dirasakan
Terdapat hanya 4 memaparkan tentang sesuatu yang dapat didengar, dilihat dan dirasakan
Terdapat hanya 3 memaparkan tentang sesuatu yang dapat didengar, dilihat dan dirasakan
Terdapat hanya 2 memaparkan tentang sesuatu yang dapat didengar, dilihat dan dirasakan
Terdapat hanya 1 memaparkan tentang sesuatu yang dapat didengar, dilihat dan dirasakan

Terdapat 5 atau lebih menggunakan susunan ruang
Terdapat hanya 4 menggunakan susunan ruang
Terdapat hanya 3 menggunakan susunan ruang
Terdapat hanya 2 menggunakan susunan ruang
Terdapat hanya 1 menggunakan susunan ruang



5



4



3



2



1




5




4




3




2




1




5




4




3




2




1





5


4


3


2


1


SB



B



CB



KB



SK




SB




B




CB




KB




SK




SB




B




CB




KB




SK





SB


B


CB


KB


SK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar