No
|
Aspek Penilaian
|
Kriteria
|
Rentangan
Skor
|
Kategori
|
A.
|
Aspek
Penulisan
|
|
|
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
Isi gagasan yang
dikemukakan
a. Sangat
sesuai dengan struktur dan kerangka teks deskriptif.
b. sesuai
dengan struktur dan kerangka teks deskriptif
c. cukup
sesuai dengan struktur dan kerangka teks deskriptif
d. kurang
sesuai dengan struktur dan kerangka teks deskriptif
e. tidak
sesuai dengan struktur dan kerangka teks deskriptif
Organisasi isi
a.
Sangat baik.
b.
Baik
c.
Kurang
d.
Sangat kurang
Tata bahasa
a.
Sangat tepat.
b.
Tepat
c.
cukup tepat
d.
kurang tepat
e.
tidak tepat
Pemilihan kata
f.
sangat sesuai dengan situasi
g.
sesuai dengan situasi
h.
cukup sesuai
i.
kurang sesuai
j.
tidak sesuai
Ejaan dan
Tanda Baca
a. sangat
sempurna
b. sempurna
c. sedikit
kesalahan
d. banyak
kesalahan
e. salah
semua
Kohesi dan Koherensi
a. sangat
jelas
b. jelas
c. cukup
jelas
d. kurang
jelas
e.
tidak jelas
.
Kerapian
Tulisan
a. jelas,
terbaca, dan bersih.
b. terbaca,
cukup bersih
c. terbaca,kurang
bersih
d. terbaca,
tidak bersih
e.
tidak terbaca, tidak bersih
|
Bagian identifikasi terdiri dari 1/> kalimat dan
deskripsi terdiri dari 4/> kalimat.
Bagian identifikasi terdiri dari 1 kalimat dan diskripsi terdiri dari 3
kalimat.
Bagian identifikasi terdiri dari 1 kalimat dan deskripsi terdiri dari 2
kalimat.
Bagian identifikasi terdiri dari 1 kalimat dan deskripsi terdiri dari 1
kalimat.
Bagian identifikasi dan deskripsi tidak jelas
gagasan diungkapkan dengan jelas, padat, tertata dengan baik, urutan
logis, dan kohesif
gagasan
kurang terorganisasi, tetapi
ide utama terlihat, bahan pendukung terbatas, tertata dengan baik, urutan logis tatapi tak lengkap, cukup kohesif.
gagasan
kacau, terpotong-potong, urutan
pengembangan tak logis.
tak
terorganissasi, tak layak nilai.
Tidak ada
kesalahan
Jumlah
kesalahan 1-3
Jumlah
kesalahan 4-6
Jumlah
kesalahan 6-10
Semua
penggunaan grammar tidak tepat
Semua pilihan kata
sangat sesuai dengan situasi yang diceritakan
Semua pilihan
kata sudah
sesuai dengan
situasi yang diceritakan
1-2 pilihan
kata tidak sesuai dengan situasi yang diceritakan
3-4 pilihan
kata tidak sesuai dengan situasi yang diceritakan
5/lebih
pilihan kata tidak
sesuai dengan
situasi yang diceritakan
Tidak ada
kesalahan
Jumlah
kesalahan 1-4
Jumlah
kesalahan 5-8
Jumlah
kesalahan 9-12
Semua
penggunaan ejaan dan tanda baca tidak tepat
Keterpaduan
isi antar paragraf dan antar kalimat sangat jelas
Keterpaduan
isi antar paragraf dan antar kalimat sudah jelas
1 yang tidak
berkaitan antara isi dan kalimat
2-3 yang tidak
berkaitan
antara isi dan
kalimat
4/lebih yang
tidak berkaitan antara isi dan kalimat
Tulisan jelas
dan tidak ada coretan
Tulisan terbaca
dan ada
coretan antara
1 sampai 4
Tulisan
terbaca dan ada
coretan antara
5 sampai 9
Tulisan sulit
dibaca dan ada coretan lebih dari 9
Tulisan tidak
dapat dibaca dan terdapat banyak coretan
|
30
20
15
10
5
20
15
10
5
10
8
6
4
2
5
4
3
2
1
5
4
3
2
1
5
4
3
2
1
5
4
3
2
1
|
SB
B
CB
KB
SK
SB
B
CB
SK
SB
B
CB
KB
SK
SB
B
CB
KB
SK
SB
B
CB
KB
SK
SB
B
CB
KB
SK
SB
B
CB
KB
SK
|
8.
9.
10.
11
|
Kaidah Paragraf Deskripsi
Detail atau perincian tentang objek.
Memberi pengaruh sensitivitas dan
imajinasi kepada pembaca
Memaparkan tentang sesuatu yang dapat
didengar, dilihat dan dirasakan
Menggunakan
susunan ruang
|
Terdapat 5 atau lebih memperlihatkan detail atau perincian tentang objek
Terdapat hanya 4 memperlihatkan detail atau perincian tentang objek
Terdapat hanya 3 memperlihatkan detail atau perincian tentang objek
Terdapat hanya 2 memperlihatkan detail atau perincian tentang objek
Terdapat hanya 1 memperlihatkan detail atau perincian tentang objek
Terdapat 5 atau lebih memberi pengaruh sensitivitas dan imajinasi kepada
pembaca
Terdapat hanya 4 memberi pengaruh
sensitivitas dan imajinasi kepada pembaca
Terdapat hanya 3 memberi pengaruh
sensitivitas dan imajinasi kepada pembaca
Terdapat hanya 2 memberi pengaruh
sensitivitas dan imajinasi kepada pembaca
Terdapat hanya 1 memberi pengaruh
sensitivitas dan imajinasi kepada pembaca
Terdapat 5 atau lebih memaparkan tentang sesuatu yang dapat didengar,
dilihat dan dirasakan
Terdapat hanya 4 memaparkan
tentang sesuatu yang dapat didengar, dilihat dan dirasakan
Terdapat hanya 3 memaparkan
tentang sesuatu yang dapat didengar, dilihat dan dirasakan
Terdapat hanya 2 memaparkan
tentang sesuatu yang dapat didengar, dilihat dan dirasakan
Terdapat hanya 1 memaparkan
tentang sesuatu yang dapat didengar, dilihat dan dirasakan
Terdapat 5 atau lebih menggunakan susunan ruang
Terdapat hanya 4 menggunakan susunan ruang
Terdapat hanya 3 menggunakan susunan ruang
Terdapat hanya 2 menggunakan susunan ruang
Terdapat hanya 1 menggunakan susunan ruang
|
5
4
3
2
1
5
4
3
2
1
5
4
3
2
1
5
4
3
2
1
|
SB
B
CB
KB
SK
SB
B
CB
KB
SK
SB
B
CB
KB
SK
SB
B
CB
KB
SK
|
Sabtu, 02 November 2013
rubruk penilaian menulis
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar